Cara Memilih Genset Bensin Yang Benar Untuk Rumah Anda

Terdapat banyak pilihan tipe genset bagi Anda yang sedang mnecari mesin genset untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda. Beberapa di antara banyaknya genset yang beredar di pasaran, genset gensin terbaik dan genset diesel adalah yang paling banyak digunakan. Kedua genset ini membantu mengalirkan energi listrik atas pembakaran bahan bakar yang sesuai dengan jenisnya. Pada genset bensin, kinerja mesin dilakukan atas pembakaran bahan bakar bensin, sedangkan pada genset diesel, bahan bakar solar adalah bahan bakar utama agar listrik dapat teralirkan ke lokasi yang dituju.

Genset banyak dipilih oleh masyarakat karena penggunaan listrik yang terus menerus meningkat seiring bertambahnya jaman. Terutama di jaman serba digital ini, masyarakat seakan tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya aliran listrik. Beriringan dengan meningkatnya penggunaan listrik, masalah yang ditimbulkan pun juga semakin bertambah. PLN sebagai penyedia listrik utama sering mengalami gangguan yang dengan terpaksa berdampak pada pengaliran listrik pada tipa-tiap rumah.

Jika wilayah Anda termasuk wilayah yang sering merasakan dampak dari pemadaman PLN, maka kini saatnya Anda beralih ke mesin cadangan genset yang dapat mengalirkan listrik cadangan swaktu-waktu. Namun sebelum mantap membeli, Anda harus memastikan sudah menjalani cara-cara berikut.

-Menghitung Daya Listrik

Pertama-tama hitung dengan teliti kebutuhan listrik yang harus Anda keluarkan dalam 24 jam. Anda dapat menghitungnya dengan mengakumulasikan daya-daya yang dibutuhkan untuk menyalakan masing-masing peralatan elektronik yang Anda gunakan dalam 24 jam. Untuk kebutuhan listrik rumahan biasanya berkisar pada angka 1.000 samaoi 10.000 watt.

-Memastikan Kapasitas Genset

Langkah selanjutnya setelah Anda menghitung daya listrik, maka saatnya memastikan besaran kapasitas yang dimiliki oleh genset yang sedang Anda cari-cari. Apakah kapastas tersebut sudahsesuai dan memadahi dengan kebutuhan Anda atau belum. Carilah kapasitas genset yanbg 30% lebih besar dari kebutuhan asli listrik Anda untuk meminimalisir kekurangan daya.

-Memilih Bahan Bakar Yang Sesuai

Hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan bahan bakar. Usahakan Anda memilih genset dengan bahan bakar yang mudah dicari di wilayah Anda. Bensin dan solar mudah dicari, tapi pastikan bahan bakarĀ  mana yang merupakan bahan bakar utama dari mesin genset yang Anda pilih. Pemilihan bahan bakar juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

-Memilih Ukuran Genset

Ukuran genset juga perlu diperhatikan. Sanda pastinya tidak ingin ukuran genset mempersulit penempatan. Jika Anda membutuhkan genset untuk kebutuhan rumahan, maka pilihlah genset bensin dan genset silent. Kedua jenis genset ini memiliki berat dan ukuran yang cenderung kecil dan mudah dipindahkan. Genset bensin dan silent termasuk golongan genset rumahan karena selain praktis, genset ini juga tidak menghasilkan bunyi bising yang mengganggu.

-Pilihlah Waktu Pemakaian Sesuai Kebutuhan

Waktu pemakaian genset dipengaruhi oleh banyaknya volume bahan bakar yang Anda masukkan ke dalam tangka bahan bakar genset. Semakin banyak volume bahan bakar yang dimasukkan, akan semakin lama juga durasi kerjagenset yang dihasilkan. Pada genset bensin, 4, 5 liter bensin mampu menghidupkan genset selama 8 jam.

Demikian beberapa cara yang tepat dalam memilih mesin genset yang akan Anda gunakan sebagai mesin cadangan listrik. Genset dapat bekerja dengan baik dan akan awet apabila Anda mampu memberikan perawatan yanag sesuai. Jadi, proses perawatan genset juga sangat penting demi kelangsungan kinerja genset yang stabil dan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *