Jenis-Jenis Panel AMF ATS yang Perlu Anda Ketahui

Panel AMF ATS adalah serangkain panel control yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik. Biasanya panel ini digunakan bersama dengan penggunaan genset. Panel ini bekerja secara otomatis. Fungsi dari panel AMF ATS adalah untuk mengontrol sumber daya listrik untuk mesin-mesin yang ada di pabrik agar dapat berjalan dengan benar saat sudah mendapatkan daya listrik dan juga melindungi mesin tersebut dari arus listrik yang terlalu tinggi atau terlalu cepat. Panel ini mempunyai beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda.

Jenis pertama adalah panel dengan switch berbasis kontaktor. Untuk panel AMF ATS yang satu ini, maka panel akan menggunakan kontaktor yang bisa bergerak saat tidak ada listrik yang mengalir. Desain dari rangkaian kontaktor pada panel ini akan memindahkan sumber listrik utama ke sumber listrik cadangan seperti genset. Namun panel dengan switch berbasis kontaktor ini mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut adalah tidak mempunyai proteksi yang cukup tinggi jika ada sebagian kontaktor yang rusak. Jika sudah terjadi kerusakan, maka rangkaian kontaktor tidak bisa digunakan dengan maksimal. Jenis panel switch berbasis kontaktor mempunyai control otomatis dan manual. Untuk melakukan inisiasi dan menentukan bagaimana panel akan bekerja mengatur listrik, maka digunakan control manual. Sedangkan control otomatis digunakan utnuk mendeteksi sumber daya yang ada di sumber daya listrik utama dan genset.

Jenis yang kedua adalah panel AMF ATS yang berbasis circuit breaker. Terdapat beberapa circuit breaker di panel ini. Untuk kapasitas listrik yang rendah, maka panel ini menggunakan magnetic circuit breaker. Untuk kapasitas listrik yang sedang dan rendah, panel akan menggunakan molded case circuit breaker. Jika Anda menggunakan panel dengan basis circuit breaker ini, maka panel ini dapat mendeteksi gangguan seperti arus listrik yang terlalu tinggi. Tentunya panel ini mempunyai fitur proteksi pula sehingga tidak akan membahayakan penggunanya. Jenis yang kedua adalah panel AMF ATS yang berbasis otomatis. Panel ini merupakan panel yang paling praktis di antara yang lainnya. Dengan teknologi yang sudah lebih canggih, panel otomatis mempunyai sensor pendeteksi dan mikrokontroler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *