Komponen Pada Panel AMF ATS

Mungkin istilah Panel AMF ATS sudah sering kita dengar seiring pembelajaran kita mengenai kelistrikan. Namun mengenai komponen yang mensukseskan sistem kerjanya? Tahukah kita bahwa ada komponen penting yang bekerja sama antara satu dengan lainnya dan mensukseskan cara kerja panel. Komponen tersebut seperti team work yang bekerja untuk menyelesaikan tugas. Untuk lebih jelasnya simak informasi selengkapnya mengenai komponen Panel AMF ATS seperti berikut ini.

 

Pertama kita akan mulai membahas dari bagian pintu panel. Pada bagian panel terdapat lampu indikator atau pilot lamp yang berfungsi untuk memberitahu status tegangan listrik apakah ada pada posisi genset atau posisi PLN. Kemudian ada power meter yang berfungsi memberi tahu berapa tegangan yang dipakai. Lalu ada control modul sebagai pusat kontrol atas perintah operator, selector switch yang berfungsi untuk memindahkan mode auto or manual, dan ada push button untuk mengganti sumber tegangan dengan cara manual. Semua komponen yang ada pada pintu panel memiliki fungsi masing-masing dan berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Komponen ini juga bisa diganti jika terjadi kerusakan. Jadi bukan malah mengganti panelnya langsung tapi mengganti komponennya saja agar tidak buang-buang biaya. Bahkan Anda juga bisa service komponennya saja apabila terjadi kerusakan pada Panel AMF ATS.

 

Selanjutnya kita akan baha komponen di dalam box Panel AMF ATS dimana ada banyak sekali komponen yang saling bekerja sama. Pertama ada MCB 1 Phase yang bekerja sebagai proteksi kontrol tegangan. Lalu ada Relay yang bekerja sebagai control switch, Battery charger untuk mengisi daya aki genset, kemudian ada COS Motorized yang berguna sebagai handle pemutus antara PLN dan genset. Semua komponen yang ada di box Panel AMF ATS ini juga bekerja sama dengan komponen yang ada di pintu. Sama seperti komponen pintu, komponen yang ada di dalam box juga bisa rusak dan hanya perlu mengganti komponennya saja apabila itu terjadi dan jika kerusakan komponen masih bisa di service sebagiknya service saja.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *