Begini Prinsip Kerja AVR Generator Pada Genset Berbekal PMG

AVR generator terbaik menjadi hal yang kiranya cukup penting ada di dalam suatu genset. Pasalnya benda tersebut dapat membuat kinerja genset lebih baik, terutama dalam hal membuat tegangan listrik alias voltase lebih stabil. Tentunya mendapatkan tegangan atau voltase yang stabil merupakan hal yang cukup krusial mengingat apabila suatu tegangan listrik tidak stabil maka dapat membuat alat-alat listrik yang ada menjadi cepat rusak.

Meski istilah AVR generator terbaik sudah mulai banyak yang mengetahui seiring semakin banyak pula pengguna genset sekarang ini, tetapi agaknya belum banyak yang tahu bahwa prinsip kerja AVR dapat berbeda-beda tergantung dari jenis sistem excitation yang digunakan genset. Bagi yang belum tahu, sistem excitation pada genset ada dua jenis yaitu self-excited generators dan yang kedua jenis PMG excited generators.

Dari kedua jenis sistem excitation pada genset tersebut, yang paling umum digunakan adalah jenis PMD-excited generators karena memiliki kelebihan dalam hal kemampuan memberikan suplai tegangan atau voltase yang lebih stabil. Adapun prinsip kerja AVR generator pada genset yang menggunakan jenis sistem excitation PMD-excited generators adalah sebagai berikut.

  1. PMG alias Permanent Magnet Generator yang ada pada jenis excitation PMG-excited generators terbagi menjadi dua bagian. Dua bagian yang dimaksud yaitu PMG rotor dan juga PMG stator. PMG akan menghasilkan suatu tegangan yang akan dikirimkan ke AVR generator guna kemudian dikirimkan kembali menuju gulungan exciter. Tegangan yang dihasilkan oleh PMG cenderung bersifat tetap atau bisa juga dikatakan sesuai dengan kecepatan putaran dari penggerak generator itu sendiri.
  2. Hal yang cukup membedakan antara jenis sistem exciting self-excited generators dengan PMG-excited generators adalah jika pada self-excited generators gulungan exciter memproduksi listrik sendiri sebagai suplai menuju gulungan rotor. Sedangkan pada PMG-excited generator bantuan suplai tegangan didapat dari PMG.

Itulah sedikit pembahasan kali ini mengenai prinsip kerja AVR generator yang diterapkan pada genset dengan sistem excitation berjenis PMG-excited generators. Semoga paparan di atas dapat menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca sekalian, utamanya yang belum tahu prinsip kerja AVR genset miliknya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *