4 Hal Yang Membuat Kerusakan Pada Genset 40 kva

Pada saat ini ada banyak sekali beredar berbagai macam jenis genset yang bisa ditemui di pasaran. Salah satunya adalah genset 40 kva. Genset ini menjadi salah satu sumber listrik alternatif yang sangat penting untuk mendukung kehidupan sehari-hari.
Genset 40 kva bisa dibilang sebagai genset yang terbaik dan awet. Jika terjadi kerusakan pada genset tersebut ternyata disebabkan oleh berbagai macam hal sepele seperti berikut ini, yaitu :
1. Kondisi AKI yang sudah lemah
Aki yang lemah pada genset akan membuatnya sangat sulit untuk dinyalakan. Padahal pada putarna pertama di genset AKI mempunyai peranan yang cukup besar. Kondisi aki yang lemah dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada bagian busi pada saat melakukan pembakaran pada komponen yang ada pada mesin genset. Sama dengan aki yang terdapat pada motor, aki genset ini juga harus sering diperiksa dan juga diganti ya. Hal ini bertujuan agar kondisinya selalu prima.
2. Jarang dipanaskan
Dengan alasan genset sebagai sumber energi alternatif maka biasanya terkadang membuat orang malas untuk memanaskan mesin genset. Proses pemanasan ini padahal menjadi sebuah proses yang sangat penting yang berguna untuk menjaga kualitas dari aki. Anda harus senantiasa menjaga aki selalu dialiri dengan alternator. Selain itu, Anda juga harus melakukan pemanasan mesin genset maksimal seminggu sekali untuk menghindari kerusakan pada genset.
3. Penggunaan genset pada saat bahan bakarnya sedang habis atau menipis
Bahan bakar yang sudah habis pada saat genset sedang dioperasikan maka akan membuat beberapa komponen pada genset menjadi mudah rusak. Ada baiknya Anda selalu menyiapkan bahan bakar cadangan untuk genset. Hentikanlah pemakaian genset pada saat jumlah bahan bakar menipis.

4. Komponen genset yang sedang tersumbat
Jika menggunakan genset 4 kva terbaik pasti pernah mengalami genset tiba-toba mati, bukan? Ini disebabkan karena lubang ventilasi pada bahan bakar maupun katup pompa pada bagian pengisian bahan bakar mengalami penyumbatan. Oleh karena itu, bersihkanlah terlebih dahulu pada bagian genset yang tersumbat supaya genset bisa bekerja dengan baik kembali.