Begini Prinsip Kerja AVR Generator Pada Genset Berbekal PMG

AVR generator terbaik menjadi hal yang kiranya cukup penting ada di dalam suatu genset. Pasalnya benda tersebut dapat membuat kinerja genset lebih baik, terutama dalam hal membuat tegangan listrik alias voltase lebih stabil. Tentunya mendapatkan tegangan atau voltase yang stabil merupakan hal yang cukup krusial mengingat apabila suatu tegangan listrik tidak stabil maka dapat membuat alat-alat listrik yang ada menjadi cepat rusak.

Meski istilah AVR generator terbaik sudah mulai banyak yang mengetahui seiring semakin banyak pula pengguna genset sekarang ini, tetapi agaknya belum banyak yang tahu bahwa prinsip kerja AVR dapat berbeda-beda tergantung dari jenis sistem excitation yang digunakan genset. Bagi yang belum tahu, sistem excitation pada genset ada dua jenis yaitu self-excited generators dan yang kedua jenis PMG excited generators.

Dari kedua jenis sistem excitation pada genset tersebut, yang paling umum digunakan adalah jenis PMD-excited generators karena memiliki kelebihan dalam hal kemampuan memberikan suplai tegangan atau voltase yang lebih stabil. Adapun prinsip kerja AVR generator pada genset yang menggunakan jenis sistem excitation PMD-excited generators adalah sebagai berikut.

  1. PMG alias Permanent Magnet Generator yang ada pada jenis excitation PMG-excited generators terbagi menjadi dua bagian. Dua bagian yang dimaksud yaitu PMG rotor dan juga PMG stator. PMG akan menghasilkan suatu tegangan yang akan dikirimkan ke AVR generator guna kemudian dikirimkan kembali menuju gulungan exciter. Tegangan yang dihasilkan oleh PMG cenderung bersifat tetap atau bisa juga dikatakan sesuai dengan kecepatan putaran dari penggerak generator itu sendiri.
  2. Hal yang cukup membedakan antara jenis sistem exciting self-excited generators dengan PMG-excited generators adalah jika pada self-excited generators gulungan exciter memproduksi listrik sendiri sebagai suplai menuju gulungan rotor. Sedangkan pada PMG-excited generator bantuan suplai tegangan didapat dari PMG.

Itulah sedikit pembahasan kali ini mengenai prinsip kerja AVR generator yang diterapkan pada genset dengan sistem excitation berjenis PMG-excited generators. Semoga paparan di atas dapat menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca sekalian, utamanya yang belum tahu prinsip kerja AVR genset miliknya.

 

 

 

Anda Wajib Tahu! Berikut 3 Aturan Keselamatan Gunakan Genset Honda yang Benar

Listrik padam menjadi hal menakutkan yang dikhawatirkan oleh semua orang terlebih lagi di zaman yang serba digital semacam ini. Pasalnya, bila pemadaman terjadi, sebagian besar orang tidak bisa melanjutkan kegiatannya yang bergantung pada tenaga listrik. Untuk itu, kini muncul genset Honda yang membantu semua orang. Berikut aturan keselamatan gunakan genset dengan benar.

Aturan Keselamatan Menggunakan Generator Set yang Benar

1. Hindari Menggunakan Generator Set di Dalam Ruangan

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengoperasikan generator set yakni digunakan di ruangan terbuka. Meski begitu, alangkah baiknya jika tidak menggunakannya di dalam garasi sekalipun walau pintunya terbuka. Karena angin yang bertiup ke garasi nantinya mendorong pembuangan karbon monoksida untuk masuk ke dalam rumah dan membahayakan anggota keluarga.

Bukan hanya itu saja, asap yang dihasilkan genset Honda pun dikhawatirkan akan masuk ke dalam rumah. Untuk itu, pastikan meletakkan generator set di luar rumah atau di ruang khusus. Upayakan menjalankan kabel ekstensi dari mesin ke beberapa peralatan yang ingin diberikan daya. Atau menggunakan kabel genset untuk menghubungkan ke saklar transfer.

2. Hindari Menggunakan Kabel yang Rusak

Menggunakan Generator Set yang Benar

Biasanya orang orang akan lalai terhadap pemilihan kabel untuk generator set. Mereka lebih memilih kabel dengan harga yang jauh lebih terjangkau tanpa memeriksa kualitas yang dimilikinya. Sebetulnya hal semacam ini tidak menjadi suatu masalah berarti pada genset Honda. Namun, bila kabel rusak dan tidak segera diganti akan menimbulkan bahaya.

Untuk generator set yang sengaja digunakan di dalam ruangan pula harus menggunakan kabel berukuran panjang. Lantaran pita kabel yang terlalu kecil dikhawatirkan menyebabkan terjadinya ledakan ataupun korsleting karena tidak kuat menahan arus listrik yang terlalu besar. Pastikan ukuran kabel yang akan digunakan untuk mengalirkan arus listrik telah sesuai.

3. Tidak Menyimpan Bahan Bakar di Dekat Generator Set

Sebenarnya aturan tidak menyimpan bahan bakar di dekat genset Honda merupakan hal dasar yang biasanya diabaikan oleh sebagian besar orang. Sebuah generator set bisa dingin dengan cepat jika segera dimatikan. Namun jika dinyalakan kembali, dikhawatirkan akan berdampak membahayakan lantaran adanya bahan bakar di sekelilingnya.

Selain memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, anda pun harus mengikuti segala aturan yang ditetapkan di buku petunjuk manualnya. Karena biasanya, antara satu generator set dengan yang lainnya memiliki cara perawatan yang berbeda. Bila beberapa hal tersebut dilakukan, maka bahaya yang ditakutkan bisa diminimalisir dengan baik.

Hindari Bahaya, Berikut 3 Hal Penting yang Perlu Diketahui Pengguna Genset Honda Pemula

Demi membantu kebutuhan listrik bagi setiap rumah tangga, kini banyak sekali pabrikan yang mengeluarkan generator set dengan berbagai versi. Keberadaan genset Honda sangat berperan penting bagi masyarakat terutama yang hidup di kota besar. Bila anda termasuk pemula, berikut hal yang perlu diketahui agar bisa menggunakan genset dengan benar.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Untuk Pengguna Generator Set Pemula

1. Memeriksa Bahan Bakar dan Air Akinya

Sebelum menggunakan generator set, hal pertama yang harus dilakukan bagi seorang pemula yakni memeriksa ketersediaan bahan bakar dan air akinya. Biasanya bahan bakar akan digunakan untuk menyalakan mesin yang menghasilkan energi listrik satu ini. Upayakan pula memilih bahan bakar yang tepat sesuai dengan jenis genset Honda yang digunakan.

Sementara untuk pengecekan air akinya, anda bisa melakukannya dengan menekan tombol start langsung. Bila aki berada dalam kondisi baik, maka mesin secara otomatis akan menyala. Namun jika mesin tidak mau menyala meski sudah ditekan beberapa kali, bisa dipastikan air aki sedang kurang baik atau telah habis. Cobalah memeriksa aki secara berkala dan beberapa konektornya.

2. Memanaskan Generator Set

Generator Set

Sebetulnya generator set hampir sama dengan sebuah kendaraan bermotor. Yang mana genset Honda perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dinyalakan dan digunakan. Anda bisa memanaskannya selama kurang lebih 5 hingga 10 menit saja. Hal ini perlu dilakukan agar putaran sistem kerja engine generator set lebih stabil dan maksimal.

3. Mematikan Generator Set

Usai digunakan, hal yang perlu dilakukan yakni mematikan generator set. Sebagai orang baru yang mengenal mesin satu ini, pastinya akan merasa kebingungan bagaimana caranya untuk mematikannya. Pertama tama, usahakan untuk tidak mematikannya secara langsung. Namun turunkan terlebih dahulu breaker genset Honda dan diamkan selama 5 menit agar mesinnya lebih dingin.

Memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, sangat perlu dilakukan oleh para pengguna generator set terutama pemula. Beberapa hal tersebut pula bertujuan agar mesin penghasil energi listrik ini bisa terawat baik dan tidak cepat rusak. Bukan hanya itu saja, anda pun bisa mendapatkan energi listrik yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai Daya Listrik Cadangan, Simak Keuntungan Gunakan Genset Honda di Hunian Anda

Penggunaan listrik yang semakin meningkat di era serba digital ini, membuat sebagian besar orang menyiapkan alat yang memiliki kegunaan sebagai daya listrik cadangan seperti generator set. Banyaknya kebutuhan listrik tersebutlah, membuat produsen generator set mengeluarkan produk terbaru yang jauh lebih praktis dan bisa digunakan untuk hunian yakni genset Honda ukuran mini. Berikut keuntungannya.

Keuntungan Gunakan Generator Set di Hunian

1. Mampu Diandalkan dalam Kondisi Darurat dan Berbagai Acara

Hal menguntungkan pertama yang bisa didapatkan ketika menggunakan generator set yakni bisa diandalkan dalam kondisi darurat sekalipun. Bila domisili anda merupakan wilayah yang kerap kali terjadi pemadaman listrik mendadak, terutama dalam keadaan genting seperti banjir atau yang lainnya, maka genset Honda bisa diandalkan sebagai sumber energi listrik cadangan.

Selain bisa diandalkan dikala kondisi darurat, generator set berukuran mini pun sangat membantu bagi anda yang sedang mengadakan suatu acara besar. Biasanya acara yang membutuhkan tenaga listrik dengan jumlah yang cukup besar, yakni hajatan, pernikahan, ulang tahun, dan masih banyak lainnya. Keberadaan genset sangat membantu untuk skala listrik yang cukup besar.

2. Ketangguhannya yang Tak Bisa Disepelekan

Generator Set di Hunian

Genset Honda merupakan salah satu produk keluaran pabrikan terbaru yang diklaim memiliki berbagai kebutuhan harian rumah tangga di hunian. Jadi tak heran jika, banyak pula produsen yang membekali generator set dengan teknologi yang canggih. Misalnya saja dengan menciptakan mesin genset kedap suara dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Dimana cuaca yang dimaksud tersebut meliputi hujan deras hingga panas terik matahari. Bukan hanya itu saja, mesin penghasil energi listrik ini pula memiliki kapasitas yang cukup beragam. Mulai dari listrik berskala ringan, hingga membutuhkan energi yang cukup besar. Untuk itu, pastikan bahwa anda memilih genset Honda yang sesuai dengan kebutuhan listrik di hunian tersayang.

Kemunculan generator set di tengah tengah masyarakat, menjadi jalan keluar yang paling tepat untuk menangani ketika adanya pemadaman listrik. Bahkan kini tidak sedikit pula perusahaan telah membekalinya dengan bahan bakar gas, yang mana merupakan terobosan terbaru demi meminimalisir penggunaan bensin yang saat ini semakin langka keberadaannya.

3 Kiat yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengoperasikan Genset Honda Pertama Kalinya

Generator set memang kini sedang naik daun, lantaran kegunaannya yang sangat membantu kehidupan manusia. Selain digunakan untuk gantikan energi listrik pada gedung besar, kini perusahaan pula menciptakan generator set dalam berbagai versi. Agar tidak salah dalam pengoperasian genset Honda untuk pertama kalinya di hunian, perhatikan 3 kiat ampuh berikut.

Kiat Ampuh Mengoperasikan Generator Set Pertama Kalinya di Hunian

1. Memeriksa Bahan Bakarnya

Memeriksa ketersediaan bahan bakar menjadi hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengoperasikan generator set. Perhatikan bahan bakar manakah yang digunakan untuk tipe mesin pengganti energi listrik ini serta pastikan pula tempat untuk mengisinya. Sejauh ini, bahan bakar yang kerap dimanfaatkannya yakni bensin maupun solar.

Genset Honda yang ukuran portable biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Sementara generator set berukuran besar dan skala industri lazimnya menggunakan bahan bakar solar. Usai memastikannya, upayakan agar tangki bahan bakar selalu terisi meskipun tidak penuh. Meski begitu, jangan biarkan bahan bakar yang terdapat didalamnya terlalu sedikit.

2. Memeriksa Oli Mesinnya

Generator Set

Usai memeriksa ketersediaan bahan bakarnya, hal selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum digunakan yakni mengecek oli mesinnya. Sama halnya dengan bahan bakar, anda pun harus memperhatikan jikalau oli mesin dalam genset Honda terisi penuh dan tidak lebih dari standar yang dianjurkan. Bila oli mesin berlebihan, maka akan menyebabkan engine tidak bekerja maksimal dan tersendat.

3. Memeriksa Kondisi Aki dan Ohm Saklar

Aki merupakan salah satu komponen penting yang memiliki fungsi layaknya kendaraan bermotor yakni untuk menghidupkan mesin generator set. Semakin baik kondisi aki, maka engine bisa bekerja dengan maksimal dan akan segera hidup begitu distarter. Namun jika distarter mesin tidak menyala, dapat dipastikan terdapat suatu masalah pada akinya.

Selain aki, ohm saklar pun perlu diperiksa sebelum mengoperasikan genset Honda. Pastikan ohm saklar dipindahkan untuk arus PLN dalam keadaan Off dan arus generator diposisikan ke menu On. Ohm saklar yang menyala atau tidak kerap dilupakan oleh para pengguna generator set khususnya pemula. Padahal hal ini harus diperhatikan demi meminimalisir bahaya.

Mengingat kini zaman telah berkembang semakin canggih, sehingga membuat sebagian besar orang menjadikan pemadaman listrik sebagai momok yang menakutkan. Karena hal inilah, banyak orang yang beralih menggunakan generator set portable untuk huniannya sebagai antisipasi jika terjadi pemutusan atau pemadaman listrik di wilayahnya.

Perlu Diperhatikan! Berikut 3 Tips Untuk Menghindari Bahaya pada Genset Honda

Siapa yang tidak mengenal genset? Generator set merupakan sebuah perkembangan teknologi yang mampu menghasilkan energi listrik. Keberadaannya menjadi sangat berarti bagi sebagian besar masyarakat. Karena kerap digunakan untuk menggantikan energi listrik jikalau terjadi pemadaman. Bila anda memiliki genset Honda, 3 tips untuk menghindari bahayanya berikut.

Tips Menghindari Bahaya pada Generator Set

1. Mengoperasikannya Sesuai dengan Kapasitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika menggunakan generator set yakni menyesuaikan kapasitas dengan beban yang diberikan. Hindari menyalakan alat atau mesin yang sekiranya memiliki energi lebih besar. Karena hal tersebut bisa membuat generator set bekerja lebih keras lagi. Sebetulnya bisa dilakukan, namun seiring berjalannya waktu, genset Honda akan panas dan alami ledakan.

Jika membutuhkan energi yang besar, maka jumlah mesin dengan bobot ringan ini harus banyak atau memiliki kapasitas yang memadai. Tentunya hal ini akan mempengaruhi harga yang dibanderol untuk satu unitnya. Meskipun begitu, keselamatan anda bersama orang tersayang tetap terjaga serta bahaya yang ditimbulkan pun bisa diminimalisir dengan baik.

2. Meletakkannya di Ruang Terbuka

Generator Set

Layaknya knalpot kendaraan, hasil pembakaran pada generator set pun menghasilkan karbon monoksida yang cukup membahayakan bagi kesehatan manusia dan menyebabkan keracunan darah hingga kematian. Untuk itu, alangkah baiknya tidak menggunakannya di dalam ruangan. Genset Honda pula harus diletakkan di ruangan terbuka, dimana aliran udara lebih bebas.

Pasalnya, karbon monoksida yang dihasilkannya harus segera dibuang di tempat yang banyak udara segarnya. Dengan begini, gas tersebut tidak akan terhirup manusia dan menyebabkan keracunan. Namin jikalau terpaksa meletakkannya di dalam ruangan, pastikan jika ruangan tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas dan memiliki banyak ventilasi atau jendela.

3. Lebih Cermat dalam Memilih Kabelnya

Meski memiliki ukuran yang lebih mungil, namun aliran listrik yang dihasilkan pun cukup tinggi. Sehingga anda harus memperhatikan dalam penggunaan kabelnya. Usahakan memilih kabel yang mampu menampung daya listrik sesuai dari genset Honda. Hindari pula mencolokkan kabel alat elektronik secara langsung ke generator set karena bisa menimbulkan bahaya.

Akibat perkembangan zaman yang semakin canggih ini, membuat hidup manusia tidak bisa terlepas dari listrik. Jadi tak heran jika kehadiran generator set kini memegang peranan yang sangat penting. Bukan hanya diperuntukkan pabrik atau perkantoran semata, genset pun mulai diinovasikan agar bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan listrik harian di hunian.