Genset Open Dari Honda Yang Tidak Terlalu Berisik

Genset open terbaik sangat lekat dengan kesan berisik ketika sedang beroperasi. Hal tersebut disinyalir merupakan akibat dari tidak adanya cover penutup yang membungkus seluruh bagian genset seperti halnya yang dimiliki genset dengan tipe silent. Karena bisingnya genset tipe open itulah yang membuat tidak sedikit orang urung membeli genset dengan tipe tersebut dan lebih memilih tipe silent meskipun harganya lebih mahal.

Tetapi ternyata ada genset tipe open yang memiliki tingkat kebisingan tidak terlalu tinggi. Salah satu genset tipe open yang demikian adalah genset buatan honda yakni Honda seri EM10000. Dikatakan bahwa tingkat kebisingan genset satu ini hanya sekitar 72dB saja dalam jarak 7 meter. Tentu hal tersebut merupakan pencapaian tersendiri karena tidak banyak genset yang mampu demikian.

Padahal genset honda seri EM10000 tersebut memiliki kapasitas daya out-put yang cukup besar yakni mencapai 8 kVA. Itulah yang juga menjadi salah satu alasan mengapa genset ini lebih sering dijumpai bukan untuk penggunaan rumah tangga. Kebanyakan genset open dari honda ini digunakan saat ada event atau acara tertentu yang membutuhkan daya listrik besar seperti pesta dan lain sebagainya.

Di bagian dalam, genset satu ini menggunakan mesin GX630H yang sudah dikenal amat sangat bertenaga. Apalagi dengan silinder ganda 4 tak maka tentu performa genset akan menjadi lebih optimal lagi. Belum lagi kapasitas bahan bakar yang begitu besar yakni hingga 31 liter, dapat membuat genset tersebut bertahan hingga 7 jam pemakaian.

Jika dibandingkan dengan genset kapasitas daya out-put kecil mungkin akan tampak bahwa genset tersebut boros karena hanya bertahan 7 jam. Padahal dari cara membandingkannya saja sudah keliru dimana genset kapasitas besar dibandingkan dengan genset kapasitas kecil. Tentu saja genset kapasitas besar lebih banyak membutuhkan bahan bakar daripada kapasitas daya out-put kecil.

Padahal jika dibandingkan dengan genset open sekelasnya, genset honda EM10000 ini termasuk yang lebih irit meskipun memang tidak terlalu signifikan perbedaannya. Mungkin nanti setelah genset yang satu ini dikembangkan dengan sistem Eco-Throttle akan dirasakan perbedaan yang cukup jelas dalam hal konsumsi bahan bakarnya.